Jumat, 14 Desember 2012

Kebutuhan Protein bagi Pembentukan Otot pada Latihan Beban

Untuk pembentukan badan, yang harus diperhatikan adalah jumlah protein yang kita makan sehari-hari. Secara umum dikatakan bahwa kebutuhan protein harian untuk rata-rata orang (yang tidak aktif berolahraga) adalah 1 gram / 1 kg berat badan. Berat badan yang dimaksud disini adalah berat badan minus lemak. Jadi misalkan kadar lemak Anda 10%, maka kebutuhan protein hariannya adalah sbb : 59 - (59x 10%) = 54 gram. 54 gram protein ini nantinya akan dibagi lagi untuk beberapa kali makan dalam sehari. Misalkan hendri makan sehari 3 kali, maka untuk 1 kali makan protein yang harus dikonsumsi adalah 54 : 3 = 18 gram.
Protein sebanyak 18 gram ini nantinya tinggal kita tentukan ingin diperoleh dari sumber protein apa, tergantung selera. Bisa melalui telur, susu, daging, dada ayam, tempe, dll. Jika mengambil proteinnya dari telur utuh, maka paling tidak, telur yang dimakan adalah 3 butir, karena 1 butir telur mengandung protein sekitar 6 gram. Misalkan yang mau dimakan putih telurnya aja, maka putih telur yang harus dimakan adalah 6 putih telur karena 1 putih telur mengandung protein sekitar 3 gram (separuhnya lagi ada di kuning telurnya), atau sekitar 180 gram putih telur (100 gram putih telur mengandung 10 gram protein).
Yang diatas adalah kebutuhan protein harian yang harus Anda penuhi dalam sehari dengan asumsi bahwa anda adalah seseorang dengan aktifitas yang biasa-biasa aja. Karena sekarang ini Anda mulai rutin melakukan olahraga angkat beban untuk pembentukan tubuh, maka dikatakan bahwa kebutuhan protein yang harus dipenuhi adalah sekitar 1,5 – 2 gram / 1 kg berat badan (untuk atlit bisa mencapai 3 gram / 1 kg berat badan). Dalam sebuah literatur yang ditulis oleh Franco Columbu, binaragawan seangkatan dan teman latihan Arnold Swarzchenegger, dikatakan bahwa untuk setiap 1 jam latihan yang dilakukan, maka diperlukan penambahan 25 gram protein untuk menunjang proses pembentukan otot. Sementara untuk hari dimana tidak ada latihan, maka cukup kebutuhan protein harian saja yang harus dipenuhi.
Karena suplai protein dari makanan biasanya cuma bisa bertahan 2-3 jam di dalam tubuh, maka sebaiknya mengkonsumsi suplemen time release yang dapat menyuplai kebutuhan protein untuk tubuh Anda selama 12 jam secara berkala, yaitu produk Elite XT dari Dymatize Nutrition. Produk ini mengandung 21 gram protein time release. Selain memiliki fungsi sebagai Anti Katabolik, Elite XT juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan dan recovery akibat latihan yang berat. Pemakaiannya pun cukup mudah, yaitu 1 scoop dipakai sebelum atau sesudah latihan, bisa juga diantara makan atau sebelum tidur. Jadi, selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar